Posted by : Unknown Senin, 23 Februari 2015

sejarah-berdirinya-stadio.jpg

Stadion Gelora Bung Karno, mungkin stadion ini sudah tidak asing lagi di telinga anda, karena stadion sepak bola ini memang merupakan satu satunya Stadion terbesar di Indonesia dan satu satu nya stadion ber standar Internasional di Indonesia. Stadion yang selama ini kita kenal sebagai SUGBK atau GBK ini merupakan tempat pertandingan Timnas Indonesia menghadapi tim-tim sepak bola dari luar negeri.
Tentu ada Sejarah dan Asal Usul dibalik kemegahan dan nama Stadion ‘Gelora Bung Karno’ ini. Stadion Utama Gelora Bung Karno atau yang lebih kita kenal dengan nama SUBGK adalah salah satu stadion terbesar di Asia tenggara, dan ia memiliki sejarah tersendiri. Asal usul pendirian stadion ini berawal dari keinginan Presiden pertama kita yaitu Presiden Soekarno yang ingin menjadikan Indonesia sebagai Tuan Rumah Asia Games atau yang sekarang dikenal dengan Sea Games.
Saat itu tawaran Soekarno di terima oleh pihak penyelenggara olympiadi keempat seantero asia itu, dan sejak saat itu pula Soekarno memerintahkan pembuatan Stadion terbesar di Indonesia yang kemudian ia namakan Stadion Utama Gelora Bung Karno.
Sebuah konsep yang modern nan hijau di rencanakan Soekarno untuk pembangunan Stadion termegah ini, alhasil Stadion ini pun berdiri dengan standar Internasional, Luas, dan juga mampu menampung hingga 100rb penonton ketika baru berdiri. Saking luasnya, Soekarno harus mengorbankan 4 Desa yang berisi lebih dari 60ribu penduduk untuk diungsikan. Sebelum di Gelarnya SEA Games, stadion tersebut diresmikan pada tanggal 23 Desember 1958 dengan menghabiskan dana sebesar 12,5 Juta Dollar AS. Stadion ini sempat diubah namanya menjadi Stadion Utama Senayan pada masa Orde baru, namun setelah berguling nya masa Orde baru 1998 tepat pada tahun 2001, Surat keputusan Presiden no. 7/2001 memerintahkan untuk merubah kembali menjadi Stadion Gelora Bung Karno.
Tidak hanya itu, SUGBK juga sempat direnovasi ketika akan menjelang Asia Games pada tahun 2007, dimana kapasitas nya diturunkan menjadi 88.083 dan hingga kini menjadi Satu satunya stadion Indonesia ber standar Internasional

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © angga's blog -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -